Ketika Aku Jatuh Cinta

Ketika Aku Jatuh Cinta…

Oleh : Ustadz Nurul Dzikry, Lc

ketika aku jatuh cinta

Jatuh cinta bukanlah suatu yang terlarang dalam Islam, ditegaskan pada firmannya :

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). [3:14]

Yang pertama disebutkan adalah wanita, pemahaman terbalik dalam kaidah ushul, sesuatu yang berlaku bagi laki-laki juga berlaku untuk wanita kecuali ada dalil yang memisahkan diantara keduanya.

Apa yang harus dilakukan ketika engkau jatuh cinta :

  1. Hubungi Alloh

Yang pertama harus dihubungi siapa? Alloh… bukan bapaknya ^.^

Ditegaskan dalam firmannya

Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. [2:216]

Jangan percaya dengan apa yang engkau lihat, hubungi Alloh

  1. Mengontrol Perasaan

Jagalah perasaan dirimu, jangan sampai engkau lebih mencintainya,

Katakanlah: “Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya.” Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik [9:24]

Cari tahu tentang dirinya, cari tahu kekurangannya, ini biasanya yang jarang dilakukan.

  1. Dibangun diatas Firman Alloh

Lakukan sesuai sunnah nabi, jangan sampai terbawa arus, lihat dulu ada dalilnya tidak,

Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nya lah kamu akan dikumpulkan. [8:24]

Tinggal mau serius atau main-main, jika main-main haram, jika serius pilihannya ada dua, bahagia atau bencana.

Manusia dalam kehidupannya mempunyai andil dalam zina

Dari Abu Hurairah r.a. dari Nabi s.a.w., sabdanya: “Sudah ditentukan atas anak Adam -manusia- perihal bagiannya dari zina, ia akan mendapatkannya itu dengan pasti. Adapun kedua mata, maka zinanya ialah melihat, kedua telinga, zinanya ialah mendengarkan, lisan, zinanya iaiah berbicara, tangan, zinanya ialah mengambil, kaki, zinanya iaiah melangkah, hati bernafsu dan menginginkan dan yang sedemikian itu akan dibenarkan oleh kemaluan atau didustakannya.” (Muttafaq ‘alaih) Ini adalah lafaznya Imam Muslim, sedang riwayatnya Imam Bukhari adalah diringkaskan.

  1. Ta’aruf

Wanita dinikahi karena empat faktor, yakni karena harta kekayaannya, karena kedudukannya, karena kecantikannya, dan karena agamanya. Hendaknya pilihlah yang beragama agar berkah kedua tanganmu. (HR. Muslim)

Apabila seorang dari kamu hendak meminang seorang wanita dan dapat melihat bagian-bagian dari tubuhnya, hendaklah melakukannya. (HR. Ahmad)

Rasulullah Saw bersabda kepada Ali Ra: “Hai Ali, ada tiga perkara yang janganlah kamu tunda-tunda pelaksanaannya, yaitu shalat apabila tiba waktunya, jenazah bila sudah siap penguburannya, dan wanita (gadis atau janda) bila menemukan laki-laki sepadan yang meminangnya.” (HR. Ahmad)

Apabila datang laki-laki (untuk meminang) yang kamu ridhoi agamanya dan akhlaknya maka kawinkanlah dia, dan bila tidak kamu lakukan akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang meluas. (HR. Tirmidzi dan Ahmad)

  1. Lakukan Fit and Proper Test

Contohnya dengan melakukan perjalanan, apakah dia ambisi terhadap dunia, tanyakan pada orang yang tinggal satu atap bagaimana akhlaqnya.

Menarik untuk disimak, berikut link Videonya :

 Semoga langkah kita untuk menjemput jodoh, diberkahi oleh Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s